ROOM BERITA

Evaluasi Data SDGS Untuk Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bone Bolango 2025-2045

Evaluasi Data SDGS Untuk Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bone Bolango 2025-2045

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rapat FGD (Forum Group Discussion) pertama mengenai identifikasi danpengumpulan data terkait evaluasi SDGS (Sustainable Development Goals) TPB (Target Pembangunan Berkelanjutan) Kabupaten Bone Bolango telah digelar. Agenda rapat tersebut adalah untuk mengundang sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang masih kekurangan data terkait SDG'S mereka. Dalam rapat tersebut, telah disepakati untuk melakukan pengisian database lainnya yang mencakup periode 2016-2022. Data yang terkumpul nantinya akan menjadi bahan utama dalam penyusunan dokumen KLHS (Kebijakan Lingkungan Hidup Strategis) RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Bone Bolango periode 2025-2045.

Menurut hasil evaluasi yang dilakukan, data SDG'S ini akan menjadi landasan untukmenetapkan isu-isu strategis yang akan dijadikan prioritas dalam RPJPD KabupatenBone Bolango 2025-2045. Namun, masih terdapat beberapa data yang perludilengkapi oleh beberapa OPD terkait dengan data SDG'S yang telah disampaikan.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai dinas, antara lain Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Dinsos (Dinas Sosial), Dinkes (Dinas Kesehatan), DKPAD (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Inspektorat, Naker Kop UMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan), Pemdes (Pemerintahan Desa), Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah). Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perekonomian, Sumber Daya Alam, Infrastruktur, dan Kewilayahan, Bapak Iien Mustafa, S. T.

Rapat ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya perencanaan pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Bone Bolango. Dengan keterlibatan seluruh stakeholder terkait, diharapkan data yang terkumpul dapat memberikan gambaran yang akurat dan komprehensif mengenai progres pencapaian SDG'S serta menjadi dasar yang solid untuk penyusunan perencanaan pembangunan masa depan Kabupaten Bone Bolango.


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango