ROOM BERITA

KEGIATAN KICK OFF MEETING DALAM RANGKA PENYUSUNAN KLHS RPJPD 2025-2045 DAN RPJMD 2025-2030 KABUPATEN BONE BOLANGO

KEGIATAN KICK OFF MEETING DALAM RANGKA PENYUSUNAN KLHS RPJPD 2025-2045 DAN RPJMD 2025-2030 KABUPATEN BONE BOLANGO

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan mengadakan kegiatan Kick Off Meeting dalam rangka penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2030 pada tanggal 28 Desember 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan SDA Setda Kabupaten Bone Bolango, Staf Ahli Penanggulangan Kemiskinan Setda Kabupaten Bone Bolango, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Tim Validator Penilai KLHS, serta Kepala OPD se-Kabupaten Bone Bolango.

               Kegiatan Kick-off Meeting ini menandai awal dari upaya Kabupaten Bone Bolango dalam menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang terintegrasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa pembangunan daerah berjalan sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan dan perlindungan lingkungan.

               Acara dimoderatori oleh Bapak Misbar Bulotio, S.Pi., M.Si selaku Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Litbang. Timeline dalam proses penyusunan RPJPD dan KLHS disampaikan untuk mengingat pentingnya komitmen bersama dalam penyusunan dokumen.

               Dr. Basir Noho, SE., M.Adm.Pemb, Selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan SDA Setda Kabupaten Bone Bolango memberikan sambutan sekaligus membuka acara dimaksud. Dalam sambutannya, menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap dampak lingkungan dalam Perencanaan Pembangunan daerah.

               Ibu Dr. Fitriyane Lihawa sebagai narasumber dari Dosen Universitas Negeri Gorontalo menyampaikan paparan persiapan penyusunan kajian lingkungan strategis dalam RPJPD meliputi pedoman penyusunan KLHS, dasar hukum, tahapan pembuatan KLHS, indikator, isu strategis, makro ekonomi, isu lingkungan, masalah kesehatan, kondisi alam Kabupaten Bone Bolango serta perspektif penyusunan RPJPD.

               Selanjutnya Bapak Saprudin sebagai narasumber dari Tim Validator Penilai KLHS Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo menyampaikan Penguatan aspek-aspek pendukung penyusunan Dokumen KLHS RPJPD 2025-2045. Dan diakhiri dengan Agenda Penandatanganan Berita Acara Pelaksanaan Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030.

 


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango